Operating System

ini lah sebuah tulisan yang mengawali di bukanya sebuah katagori tulisan “Operating System” di blog ini, ingin sedikit mengorek2 tentang apa sih Operating system yang saya pahami.

Terlepas dari saya seorang mahasiswa IT, sebagai remaja yang menginjak dewasa yang memiliki kebutuhan dalam bersosialisasi, menuntut ilmu dan kebutuhan hiburan lainnya yang tentunya menggunakan perangkat digital, (#bisa komputer atau handphone), tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Operating System, atau mungkin dalam bahasa indonesia disebut Sistem Operasi bahkan agar lebih mudah orang sering menyebutnya dengan “OS”.

banyak cerita tentang OS mulai dari OS yang pertama saya gunakan, lalu OS yang paling lama saya gunakan, dan segelumit cerita heboh tentang perkembangan OS di dunia.

dahulu pemahaman saya terhadap OS mungkin hanya sebatas “OS adalah nyawa dari sebuah komputer”, tp seiring perkembangan zaman dan terjunnya saya di sebuah jurusan yang saya cintai yaitu TI (Teknologi Informasi), kalimat tersebut berkembang begitu pesat, mulai dari pemahaman yang saya dapatkan di class “SISTEM OPERASI” di semester ke-3 kuliah saya saya mendapati bahwa “OS adalah ibarat penghubung antara Hardware dan Aplikasi yang kita gunakan, OS ibarat sebuah rumah bagi aplikasi2 yang kita sering gunakan untuk dapat berjalan di komputer yang kita miliki”, tp tunggu dulu. . . .tadi sempat saya katakan bahwa OS adalah penghubung antara hardware dan beberapa aplikasi, coba kita ingat2 dahulu, adakah alat lain yang memiliki 2 faktor ini. tentu saja barang yang paling dekat adalah handphone, saya masih ingat betul betapa senangnya ketika saat itu saya membeli sebuah smartphone dari sonyerricson dengan code M600i, sebuah handphone yang begtu lama ada dalam genggaman saya mulai dari tahun 2006 sampai akhirnya di akhir tahun 2010 saya bermigrasi ke smartphone Blackberry Tour. ya lebih dari 4 tahun ternyata saya telah menggunakan sebuah handphone dengan system operasi yang saya ketahui ternyata symbian, dan jujur sampai saat ini saya masih sangat terkagum2 dengan system operasi symbian yang tertanam pada M600i berkat sonyericson yang banyak mengubah symbian, alhasil symbian yang selama ini saya gunakan begitu powerfull, saya sudah bisa menikmati taskmanager ala symbian yang bisa di gunakan untuk meng kill proses yang tidak perlu yang hanya menghabisakan memory atau jika kondisi sedang “ngelag” kill saja yang menjadi sumber masalahnya. aplikasi perkantoran pun sudah tertanam di dalamnya, dan tidak terlalu sulit untuk menggunakannya.

dari cerita saya di atas bisa kita menarik sedikit kesimpulan bahwa “ternyata OS tidak hanya tertanam pada komputer saya, seperti bagaimana kita berfikir selama ini. jika akhir2 ini kita terus mengikuti perkembangan teknologi gadget tentunya kata pad atau tablet bukan hal yang asing lagi, dan sebelumnya saya pernah menilis artikle tentang ini. ya sebuah tablet adalah hasil penggabungan antara notebook(PC) dan smartphone(Hp) oleh sebab itu banyak orang mengatakannya sebagai TABLET PC. Sebagaimana yang kita ketahui perkembangan hardware tentunya akan di ikuti juga dengan perkembangan OS, dan begitupula sebaliknya. OS demi os mulai bermunculan mulai dari raksasa dengan logo apple, lalu raksasa internet google menampilkan robot hijaunya, lalu intel dan nokia dengan MeeGo-nya, Hp dengan WebOs nya dan yang paling hangat saat ini adalah Windows dengan windows 8 nya. sebelumnya microsoft pernah meluncurkan windows 7 mobile yang ikut meramaikan peperangan OS mobile. dan di akhir tahun ini sepertinya bala bantuan dari windows 8 yang di cukup mencenganngan dimana os ini tidak saja untuk PC tapi juga perangkat mobile dimana penggunaan perangkat mobile menggunakan prosesor yang irit daya dan tentunya irit performa juga jika di bandingkan dengan prosesor PC. selain itu melihat sepak terjang sistem operasi MeeGo dari Intel yang tidak hanya sekedar menyasar pada penggunaan PC dan smartphone maupun tablet, tetapi meego juga sudah siap pada pemasangan sistem cerdas pada mobil(car) dan beberapa peralatan rumah tangga lainya.

jadi System Operasi akan berkembang begitu cepatnya, suatu saat akan banyak kita menjumpai peralatan dengan sistem operasi tertanam di dalamnya. untuk membuat peralatan tersebut makin cerdas dan makin mudah untuk di gunakan.

from asrama mahasiswa bali kertajaya Suarabaya Gubeng/14.9.11/14:40

Iklan
This entry was published on September 14, 2011 at 7:34 am and is filed under operating system. Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: